Thursday, April 10, 2008

Test Tube

Perlengkapan laboratorium apakah yang paling dikenal oleh masyarakat? Jawabannya adalah test tube dan kertas pH.

Bedanya jika kertas pH ini kurang bagus untuk dijadikan alat bantu untuk berfoto, sedangkan test tube luas dipergunakan untuk berfoto. Lihatlah contoh foto di samping yang saya copy dari google images.

Pose dengan test tube seperti ini, banyak sekali dipergunakan untuk, misalnya kalender perusahaan atau company profile. Untuk warna larutan bisa bermacam macam, banyak indikator yang tersedia. Merah bisa menggunakan methyl-red, orange bisa menggunakan methyl-orange, kuning bisa menggunakan potasium chromate, merahmuda bisa menggunaka phenolphtalein, biru bisa menggunakan bromophenol blue atau hijau bisa menggunakan bromochresol green.

Siapa yang berhak menjadi model kalender perusahaan atau company profile perusahaan, lain lagi caranya. Jika di laboratorium itu ada chemist wanita (dan fotogenik) maka cukup lah sudah, tidak perlu lagi outsourcing. Kalau ternyata di lab, yang ada hanya sekelompok pria dan juga tidak fotogenik, maaf-maaf saja, jangan harap fotographer mau menjadikan kita modelnya. Kalau sudah begitu "outsourcing" pasti dilakukan, karyawan wanita dari bagian administrasi biasanya yang sering jadi model, tidak usah tanya bagian apa, yang penting goodlooking dan sedikit diajari pose, maka tahun depan pose-nya tepampang di kalender-kalender (perusahaan).

Soal cara memegang test tube yang salah itu lain hal, yang penting gaya dulu. Seingat saya, saya diajari untuk memegang test tube, di bagian atas test tube tersebut, alasannya area pengamatan dari dasar hingga setengah tinggi test tube. Jadi kalau masih ada yang pose memegang test tube di bagian bawah (seperti gambar di atas), maka yang salah siapa? fotographer, model atau chemist diperusahaan tersebut? Gak ada yang salah, yang penting gaya.

No comments:

Post a Comment

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.