Thursday, April 10, 2008

Mobile Toilet

Pagi itu, sekedar mengenang pagi yang sama sepuluh tahun yang lalu, cerah dan sejuk. Di sebuah markas polisi di Bogor Jawa Barat.

Sepuluh tahun yang lalu, tentu tidak lah sama dengan saat ini, banyak sekali perubahan. Dulu rumah-rumah yang ada menempel ketanah, membumi mungkin istilah yang tepat. Saat ini tidak lagi, beberapa gedung berderet, ada pompa bensin khusus dinas, beberapa gedung kantor sudah diperbaharui. Semuanya jadi lebih bagus, lebih rapih.

Satu hal lainnya yang berubah jauh, di sebuah lokasi di dekat rumah dulu dijadikan garasi kendaraan polisi, dari mulai water canon, fire truck dan yang menarik adalah mobil toilet (mobile toilet).

Saya kurang paham kapan mobil toilet ini mulai dipergunakan, karena dulu saat saya tinggal di sana belum lah ada. Dan saat ini saat pertama kali melihatnya, kondisinya terlihat seperti sudah tidak atau jarang dipergunakan lagi. Menurut informasi yang di dapat, mobil toilet ini dipergunakan saat banyak unjuk rasa terjadi di ibu kota. Sekedar memfasilitasi agar pasukan tetap berada di tempat maka urusan konsumsi dan akomodasi termasuk mandi dan toilet di sediakan.

Saya belum tahu persis seperti apa di dalamnya, karena kendaraan terkunci. Mungkin mobil toilet ini dilengkap dengan bath tube dan sauna, sekedar melepas penat anggota pasukan. Juga dilengkap pewangi dan pengatur suhu ruangan. Kalau sudah begini urgency dan hak hakiki untuk menunaikan hajat orang banyak dan hajat pribadi lebih lancar.

No comments:

Post a Comment

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.