Tuesday, April 15, 2008

Indian, Philippino and Indonesian

Cuaca kawasan industri Masseid Qatar pagi itu seperti pagi-pagi sebelumnya. Menjelang summer ini, langit cerah, pagi-pagi sekali matahari sudah terlihat tinggi dan cahayanya begitu kuat.

Pagi itu, sekita pukul 7 pagi, aktivitas bekerja di perusahaan tempat kami bekerja, dimulai. Hampir seluruh karyawan datang kecuali yang sedang libur dan cuti.

Di perusahaan kami bekerja seragam tidak harus dikenakan. Kecuali untuk kegiatan di plant, maka coverall haruslah dipakai sebagai syarat keselamatan kerja.

Karena seragam tidaklah keharusan maka baju kerja pun bisa bermacam-macam. Tapi tetap ada ciri khas dari masing-masing karyawan terutama bisa dibedakan dari negaranya masing-masng. Tentu bukan pakaian tradisionalnya, rasanya tidaklah mungkin kami mengenakan pakaian tradisional di saat kerja, nanti malah dikira ada pawai kebudayaan.

Perbedaan itu adalah cara mengenakannya. Kalau teman-teman dari India, cenderung rapi, kemeja panjang, lengan dikancingkan dan baju dimasukan kedalam celana, dan sepatu casual. Kalau teman-teman Indonesia dan Philipina punya kemiripan, kaos oblong, celana jeans, sepatu sport, kalaupun mengenakan kemeja, pastilah kemeja pendek, dan tidak dimasukan kedalam celana.

Satu lagi tentang tas, kalau teman-teman dari India, akan memakai tas kerja formal yang ditenteng ditangan, sedangkan teman-teman dari Indonesia dan Philipina akan menggunakan tas gendong/back pack. Maka ketika ada teman Indonesia yang baru bergabung dengan kami, dan diawal-awal menggunakan tas tenteng seperti teman-teman dari India, seminggu kemudian dia langsung menggantinya dengan back pack, biar sama seperti teman-teman lainnya, katanya.

Maka silahkan lihat perbedaanya dalam foto di atas.


No comments:

Post a Comment

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.