Friday, April 18, 2008

Robot Zoo in Doha

Bulan Februari hingga april ini, di kawasan corniche Doha, Robot Zoo dipamerkan. Dalam Pandangan saya, ada 2 hal yang diperkenalkan dalam event seperti ini.

Pertama, mengenal binatang. Di negara yang populasi binatang terbatas, pengenalan pada binatang menjadi penting. Dalam event Robot zoo kali ini, binatang seperti belalang, kelelawar merupakan binatang yang menrik, mengingat di Doha sendiri sepertinya merupakan binatang yang langka.

Kedua, mengenal mekanika. Gerakan robot-robot ini menggunakan prinsip pegas, hidrolik, air pressure, dan lifting. Dipintu masuk dijelaskan prinsip-prinsip ini dan disediakan sebuah peraga yang memperjelas gerakan itu.

Dalam event ini, disediakan juga beberapa alat peraga untuk anak-anak. Ada alat penghitung waktu lamanya bergantung, hal ini berada di lokasi robot berbentuk kelelawar, dijelaskan pula kelelawar dapat bertahan menggantung selama beberapa jam. Ada juga pengukur kecepatan berlari, anak-anak berlari pada satu track khusus sehingga kecepatan lari (jarak per satuan waktu) diketahui. Ada juga bola-bola berbentuk seperti prinsip kaki laba-laba, sehingga jika dilemparkan pada objek seperti dinding maka bola itu akan menempel.



Suasana tata lampu yang dibuat minim. Menambah keindahan dan fungsi di dalamnya. Tata lampu kuat dibuat fokus hanya pada objek yang di pamerkan, selain itu tata lampu dibuat minim. Komitmen Qatar Science & Education Park (yang merupakan bagian dari Qatar Foundation) pada pengenalan ilmu pengetahuan untuk anak-anak cukup baik. Tidak ada ongkos masuk untuk anak usia sekolah. Sedangkan untuk umum hanya dikenakan QR 5 per orang, itu pun dana yang terkumpul akan diberikan untuk keperluan kemajuan pendidikan.

No comments:

Post a Comment

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.