Monday, May 5, 2008

Why Do I Go To Work In The Morning?

Ruangan itu masih saya ingat dengan baik. Ruangan dengan ukuran 4 x 4 meter, jendela bertirai lipat warna cerah, berlantai warna senada. Perlengkapan kerja kantoran seperti komputer, printer, rak kertas, lemari buku menyebar hampir mengelilingi kantor itu.

Pemiliknya, seorang pria berumur 40-an, berkumis, tinggi dan dekat dengan hampir semua kalangan.

Waktu menunjukan pukul 14.15, artinya saya hanya memiliki waktu kurang lebih 30 menit untuk berbincang dengannya. Tigapuluh menit merupakan waktu yang sangat sedikit untuk berbincang-bincang dalam kapasitasnya sebagai wakil sebuah sistem dan saya seseorang yang ingin meninggalkan sistem yang diwakilinya.

Kebulatan tekad membuat sisi profesionalnya mengatakan, tak bisa berbuat apa-apa jika harus dibandingkan dengan apa yang akan di jelang. Sebuah pengakuan yang bagus namun membuatku merasa harus berpura-pura berada dalam sebuah sistem tradisional yang melupakan sistem reward, sebuah sistem yang didirikan oleh kakek, lalu dilanjutkan ayah, anak dan sampailah cucu. Padahal tidak.

Kecintaan pada profesi dan profesionalisme dalam menjalaninya, belum cukup menahan. Sementara di luar sana "magnet-magnet" berlomba-lomba menarik orang-orang profesional dengan kompensasi meyakinkan, dan benefit yang signifikan.

Tidak bisa terus seperti belalang berada dalam kotak korek api, maka pilihan harus menjadi bagian sistem lain sulit dihindarkan. Sebuah sistem yang dijalankan oleh seseorang yang berniat baik, yang tidak hanya memberi sesuatu bersifat basic need, tapi juga mencapai sesuatu yang excessive.

Maka jawaban atas pertanyaan, "Why Do I Go To Work In The Morning?" menjadi sangat jelas.

******

Tulisan ini dipersembahkan untuk beberapa sahabat yang memiliki jawaban yang lebih jelas atas pertanyaan "Why do I go to work in the morning?" Mungkin banyak kata dan kalimat dengan makna tersembunyi, tapi inilah kita.

No comments:

Post a Comment

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.