Saturday, May 24, 2008

Gate 4 @ Saudi Border

Melintasi batas negara lewat darat, merupakan sebuah pengalaman pertama buat saya.

Layaknya pengalaman pertama, selalu saja menarik perhatian. Saya begitu antusias mengikuti semua proses, proses hingga diperbolehkan melintas masuk sebuah negara.

Walaupun Indonesia memiliki batas darat dengan negara lain, tapi saya belum pernah melewatinya, bahkan saya belum pernah keluar dari pulau jawa menggunakan jalur darat, payah memang.

Saya sendiri kurang banyak informasi apakah prosedur yang berlaku di border saudi dari arah qatar sama dengan prosedur melintasi batas darat Indonesia dengan Malaysia, tapi saya pernah menyimak acara "jalan-jalan" di televisi, pemeriksaan yang dilakukan di batas negara Indonesia dan Malaysia tidaklah terlalu ketat, bahkan pada titik tertentu batas negara itu hanya dipisahkan oleh gang dan papan nama pembatas layaknya batas RT atau RW di sebuah desa atau kelurahan.

Yang saya alami di border Saudi adalah pengalaman yang berbeda dengan saat saya melewati kantor Imigrasi di sebuah airport negara tertentu. Jika di airport pemeriksaan dokumen hanya pada paspor dan visa yang di miliki, tapi di sini, selain pemeriksaan yang saya sebutkan tadi, ditambah dengan pengambilan sidik jari dan foto masing-masing pemilik paspor.

Untungnya urusan ini hanya berlaku pada pemilik paspor usia dewasa, saya membayangkan jika pada anak-anak juga diberlakukan hal yang sama, berapa waktu yang akan terpakai. Ini saja hampir 3 jam sekedar memeriksa penumpang dewasa pada 2 buah bus, atau sekitar 40 orang pemilik paspor dewasa.

Saya ingin tahu prosedur tersebut, jika dilakukan di negara-negara di benua eropa,afrika juga amerika, Apakah sama atau berbeda. Karena di benua ini lah punya banyak batas darat antar negara, dan khusus untuk benua eropa, suatu saat (kalau punya cukup uang) saya ingin melintasinya, inginnya sih mulai dari jerman-swiss dan terakhir french. Bener gak ya rutenya?

No comments:

Post a Comment

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.