Saturday, March 22, 2008

To Be Part Of Human Life

Apa hubungannya ilustrasi ini dengan judul di atas? Apa istimewanya ilustrasi ini? Sedikit sekali hubungan langsung ilustrasi ini dengan judul di atas dan tidak ada istimewanya ilustrasi ini karena foto seperti sudah sering di tampilkan di berbagai media.

Dengan ilustrasi ini saya hanya ingin menampilkan bahwa, foto ini adalah hasil karya asli saya, dan saya menjadi salah satu dari ribuan (mungkin jutaan) pemilik foto semacam ini.

Dari salah satu sumber, Larry Page dan Sergey Brin membuat situs google dari sebuah cita-cita mereka untuk menghasilkan sesuatu yang menjadi bagian hidup manusia. Dan mereka berhasil. Dari sesuatu yang berskala kecil, mereka membuat program search engine untuk Stanford University (tempat mereka menuntut ilmu) hingga akhirnya karya mereka dikenal dan dipergunakan luas di seluruh dunia.

Lalu di mana posisi kita sebagai seseorang yang berkecimpung di bidang kimia? Saya bukanlah contoh yang baik dari sebuah kata sukses. Mungkin Anda lebih tepat menjadi contoh sukses bagi saya. Hanya saja mungkin saya lebih berani (nekad) menulis dibandingkan lainnya.

Sejak saya memulai belajar ilmu kimia, berapa banyak karya dari kita yang dipublikasikan? Saya ingat buku-buku panduan teori dan praktek kimia kami adalah karya internal pengajar di sekolah kami. Kualitasnya menurut saya sangat baik. Saya mendengar buku-buku itu, saat ini menjadi panduan dibeberapa sekolah sejenis. Dan di sekolah lain pun mungkin membuat hal yang sama, dan mungkin juga dengan tegas ditulisi peringatan "HANYA UNTUK INTERNAL".

Kenapa hanya untuk internal? Menurut saya dengan dasar ilmu yang kuat, seorang ahli, bisa mengajarkan langsung (mengajar, seminar, workshop) atau lewat karya tulisnya, atau media lainnya, untuk ruang lingkup yang lebih luas. Kalau buku terlalu sulit untuk dianggap komersil oleh penerbit, maka blog atau website pribadi mungkin bisa menjadi publikasi yang lebih mudah.

Memang dikalangan kita, kadang untuk menunjukan bahwa seseorang punya "sesuatu" adalah sesuatu yang dianggap kurang baik, pamer katanya. Tapi bagi saya tidak semua pamer memiliki arti yang negatif. Jika pamernya itu hanya untuk mengunggulkan dirinya sendiri dibandingkan lainnya, saya setuju kalau itu punya arti negatif. Tapi kalau seseorang menunjukan bahwa ia memiliki kemampuan akan sesuatu dan siap mengajarkan kepada orang lain agar yang lain memiliki kemampuan sebanding dengan dia atau orang lain bisa mempergunakan karyanya, maka niat dan tindakannya adalah baik.

Kembali lagi ke Larry Page dan Sergey Brin, mereka untuk membuat google sukses, harus mengklaim bahwa google lebih baik dengan search engine lainnya saat itu (Alta Vista, Lycos, dan lainnya), dan kenyataanya begitu. Dan kemudian membawanya ke kehidupan manusia sehari-hari, dengan banyak manfaat.

Jadi masihkah, sebagai manusia yang punya kemampuan, hanya menyimpannya untuk diri sendiri? Saya berharap dalam waktu tidak lama lagi, kita bisa memproduksi chemical, glassware, instrumentasi buatan Indonesia dan adanya Indonesian Standard For Testing And Material (semacam ASTM-nya) dan bangga digunakan oleh orang Indonesia, seperti layaknya jepang yang memiliki Mitsubishi Chemical, Shimadzu dan JIS.

1 comment:

  1. ketika pengukuhan profnya dosen saya, pak rektor mengatakan :
    ada 3 org yang menginjakkan kaki di bulan pertama kali, org iran, cina dan Indonesia..ketika ditanya bagaimana cara sampai ke bulan..ini jawabnya :
    Iran : pakai permadani terbang
    Cina : dengan menyambung bambu
    Indonesia : dengan menumpuk makalah seminar dan proseeding..
    jadi makalah di indonesia banyak tetapi jarang dipublikasi..:-)

    ReplyDelete

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.