Saturday, March 15, 2008

Chemistry Or Chemical Science

Pada bulan Desember 2007 dan January 2008, majalah RSC News (www.rsc.org) dalam rubrik opini membahas tentang pengunaan kata chemical science untuk menggantikan kata chemistry.

Seorang pembaca menyesalkan semakin banyaknya majalah ini menggunakan kata chemical science untuk menggantikan kata chemistry. Dalam opininya, penggunaan kata chemical science tidak diperlukan karena arti kata chemistry sendiri adalah "science of the elements and compounds and their laws of combination and change resulting from interactions between substances in contact" [Oxford Dictionary of Current English].

Seorang pembaca lainnya juga mengkhawatirkan, kelak dikemudian hari RSC yang kepanjangan dari Royal Society of Chemistry sebuah organisasi yang sudah lama ada akan menjadi Royal Society of Chemical Science, dan jika hal itu sampai terjadi maka ia mengancam akan mengundurkan diri dari keanggotaan.

Sejauh ini memang belum ada tanggapan resmi dari RSC, tetapi memang dari logonya sendiri RSC menggunakan slogan RSC Advancing The Chemical Sciences.

No comments:

Post a Comment

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.