Saturday, August 30, 2008

Krisis Kreatifitas

Sadarkah kita saat melihat hasil karya orang lain yang lebih baik, bisa membuat dua akibat. Akibat pertama, kita ingin mencontoh sukses yang dialami oleh orang itu, dan ini akibat yang baik. Kedua, kita malah merasa tidak percaya diri untuk melanjutkan berkarya dijalur yang sama, dan ini akibat yang tidak baik.

Contoh dari kedua akibat itu bisa dilihat di sini.

Contoh pertama adalah contoh sukses Habiburahman El Shirazy dalam menulis novel bertemakan cinta, banyak ditiru oleh beberapa pengarang dalam cerpen atau novel mereka. Bukan saja judul dan tema novel itu saja, sampai-sampai nama pun di mirip-miripkan dengan tambahan El-xxxxx, padahal nama Indonesia jarang sekali yang menggunakan nama keluarga khas timur tengah tersebut. Dan tetap saja, karya "tiruan" ini masih ada pasar penggemarnya.

Contoh kedua adalah apa yang terjadi pada penulis Harry Tjahyono. Sekedar mengingatkan karya beliau diantaranya Naskah sinetron Si Doel Anak Sekolahan II, III dan IV. Harry Tjahyono, walaupun masih aktif menulis cerpen, naskah sinetron, tetepi beliau sejak tahun 1990-an berhenti menulis Novel setelah membaca novel karya Pramoedya Ananta Toer. Menurut pengakuanya beliau merasa minder karena novel-novel karya Pramoedya Ananta Toer sangat berkualitas.

Tentu saja ini bukan salah Pak Pramoedya Ananta Toer. Ini adalah masalah internal Pak Harry Tjahyono. Tapi bersykurlah, saat ini Pak Harry Tjahyono sudah mulai menulis novel lagi, dan sebentar lagi karya beliau berjudul Bagawad Gawat akan diterbitkan.

Saya juga kadang merasa begitu, membaca tulisan-tulisan blogger lain yang lebih dulu ada dan sukses, kadang berfikir, apa arti tulisan saya ini dibandingkan karya mereka? Nol besar.
Tapi jika saya terus memperbandingkan dengan mereka, lalu merasa rendah diri, maka saya akan berhenti menulis, dan kemudian saya tidak punya tambahan ilmu. Dan Nol besar saya akan menjadi Nol yang lebih besar.

Lalu yang saya lakukan adalah, saya tetap bangga dengan karya mereka, saya contoh bagaimana mereka menjadi sukses (bukan menjiplak tulisannya), lalu saya berusaha membuat sesuatu yang memiliki kekhasan, yang mudah-mudahan berguna bagi semuanya termasuk saya dan anda.

Selamat berkarya.

No comments:

Post a Comment

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.