Sunday, August 10, 2008

How Many Days Now?

Pagi itu, hanya beberapa orang saja yang lari pagi dan berolahraga lainnya di lapangan di depan Doha Airport. Namun banyaknya mobil yang parkir jelas tidak seimbang. Bahkan jika satu orang mengendarai satu mobil pun jumlahnya masih banyak mobil dari pada orangnya.

Tentu ini bukan kebetulan, karena ternyata setelah diamati, beberapa mobil sudah diparkir sebelum pagi menjelang, bahkan sebelum hari kemarin, atau mungkin beberapa minggu atau bulan sebelumnya.

Lihatlah buah karya kreatif orang-orang yang beraktifitas di sini. Sekedar menandai bahwa mobil itu sudah "tertidur" lama mereka menandai dengan tulisan "How Many Days Now?" Dilengkapi dengan tanggal mereka menandai.

15 Juli 2008. Itu adalah tanggal mereka menandai. Artinya saat saya mengambil gambar ini, sudah hampir satu bulan mobil itu terparkir disitu. Terpanggang panas matahari, tertutupi debu.

Dan lagi, ternyata ada ada beberapa mobil lagi yang berada dalam posisi yang kurang lebih sama, berbagai merek dan jenis mobil. Baru dan lama. Bukan hanya mobil tua yang dibiarkan mati, saya kira di sana juga terparkir sudah lama sekali BMW keluaran 2 tahun yang lalu, Honda Jazz berumur 1 tahun, Corolla 2008.

Dulu saya kurang percaya mendengar seorang teman, bahwa di Qatar orang memarkirkan, dan meninggalkan mobilnya begitu saja untuk alasan "parkir" atau "mogok". Setelah melihat dan mengamati sendiri ternyata hal itu adalah hal yang biasa. Bukan hanya diparkiran umum tetapi kadang di tengah gurun pasir, berhari-hari bahkan kadang berbulan-bulan.

Mungkin karena begitu amannya negara ini, mereka tahu, tidak akan ada yang dicuri atau dirusak. Kecuali kerusakan oleh panas matahari, debu dan arus listrik yang melemah.

Saya berharap temen-teman dari negara lain, juga Indonesia, akan bercerita yang sama tentang keamanan yang sangat menentramkan warganya, sehingga kita bisa memarkirkan kendaraan dengan rasa aman, tanpa perlu repot memasang alarm, sinyal GPS untuk mobil dan tidak takut kehilangan titik merah pada tulisan Jazz di Honda Jazz. Ditunggu.

No comments:

Post a Comment

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.