Monday, July 7, 2008

Sisi Politik & Ekonomi Investor Asing

Satu dari tiga tuntutan mahasiswa pada demo di depan gedung DPR beberapa hari yang lalu adalah USIR INVESTOR ASING. Gagah dari sisi politik tapi loyo dari sisi ekonomi. Saya bukan mau berkonfrontasi dengan mereka. Saya hanya ingin memberikan pendapat dari sisi ekonomi, sekedar saling melengkapi. Hal ini karena saya memiliki sedikit pendidikan ekonomi dan nihil dari sisi politik.

Investor dari sisi bisnis, entah itu asing atau domestik dalam berbagai skala, dibutuhkan. Investor bisa dari sisi finance, finance plus management, finance plus marketing dan sebaginya. Kombinasi mereka selalu berujung pada usaha peningkatan kinerja perusahaan baik sisi produksi maupun pemasaran.

Bahkan beberapa perusahaan, untuk menarik investor asing, mendaftarkan perusahaannya di bursa internasional. Contohnya, baru-baru ini Commercial Bank Qatar listed di London Stock Exchange. Dan kemarin Qatar Statistic Authority mengumumkan, peningkatan Investasi asing di qatar dari 252mn USD di tahun 2000 ke 1.79bn USD di tahun 2006.

Pengusiran investor asing, tanpa didukung oleh peningkatan investasi lokal di berbagai bidang, membuat bisnis seperti katak dalam tempurung, puas dengan hasil yang sudah ada. Lagi pula investor masuk dengan jalan yang dibolehkan oleh aturan. Jadi kalau penawaran investor lokal kalah menarik dibandingkan dengan investor asing, ini adalah sebuah proses supply dan demand yang wajar. Perhatikan penawaran pemerintah terhadap penjualan saham Temasek di Indosat. Jumlahnya kalah dengan penawaran yang dilakukan Qtel, jadi wajar saja kalau Qtel sebagai investor asing akhirnya memenangkannya.

Tapi, saya pun memang belum mengetahui dasar-dasar fikiran pendemo mengemukakan pendapat itu. Bisa saja, seandainya saya menjadi mahasiswa ilmu politik paling nggak 3 tahun akan mengerti dan mendukung pendapat itu, dan bisa jadi juga jika para pendemo yang (biasanya) sebagian besar mahasiswa FISIP duduk sebagai mahasiswa fakultas ekonomi paling nggak 3 tahun saja, ide mencetuskan "USIR INVESTOR ASING" akan di fikirkan beberapa kali untuk di release ke publik.

Jadi mungkin baiknya, marilah kita berbagi peran saja, politikus bergerak dari sisi politik sebaik-baiknya, ekonom bergerak dari sisi ekonomi sesempurna-sempurnanya dan jangan lupa dari sisi POLISI bergerak dari sisi kepolisian sehebat-hebatnya.

No comments:

Post a Comment

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.