Wednesday, July 16, 2008

Doha 2016

Anda pernah melihat logo di samping?

Kalau ya, terima kasih. Kalau belum, itu adalah logo yang akan digunakan kota Doha untuk olimpiade 2016.

Sebuah logo mirip bunga, yang sebetulnya bertuliskan kata Adawhah (Doha) dalam huruf arab berwarna merah marun dan tulisan 2016 dalam huruf arab berwarna hijau. Maknanya menjadi sangat jelas Doha 2016.

Sejak sukses menggelar Asian Games 2006 lalu, kota Doha berkeinginan menjadi tuan rumah olimpiade 2016. Banyak persiapan yang di lakukan dari sisi administrasi, promosi dan pendekatan ke berbagai fihak. Doha bersaing dengan beberapa kota untuk menjadi bakal calon tuan rumah Olimpiade 2016.

Sayangnya International Olimpic Committee, menentukan bahwa kota Doha belum layak menjadi 4 calon kandidat yang masuk ke tahap berikutnya. Ini dia petikan kota yang masuk menjadi kandidat yang masuk ke seleksi berikutnya, "Today, the Executive Board of the International Olympic Committee accepted Chicago, Tokyo, Madrid and Rio de Janeiro as Candidate Cities for the 2016 Olympic and Paralympic Games. Unfortunately, Doha was not accepted as a Candidate City on this occasion." Sumber : Doha2016

Dari beberapa informasi yang saya himpun, alasan penolakan terhadap kota Doha adalah, kota Doha dianggap terlalu kecil untuk menampung penyelenggaraan olimpiade. Jika alasannya benar demikian, maka Doha akan sulit bersaing dengan kota lain di negara-negara yang memiliki kota dengan luas area yang berkali-kali lipat. Dan kota seperti Chicago, Tokyo, Madrid dan Rio de Janeiro akan mendapatkan kesempatan ini. Kecuali tuan rumah bersama seperti halnya penyelenggaran sepakbola piala eropa atau piala dunia (korea dan jepang).

Lalu kota mana yang bisa dijadikan partner? Dubai? Mungkin bagi Dubai lebih baik mengambil sendiri kesempatan ini.

Nampaknya karena alasan luas lahan yang tidak memadai Doha hanya akan menjadi tuan rumah event olahraga semacam ini (multi sport) sekelas benua Asia saja. Dan Doha untuk hal ini memang sudah dipastikan menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertandingan putaran final Piala Asia 2012. Kesuksesan menyelenggarakan event Asian Games tentu menjadi pengalaman berarti untuk suksesnya penyelenggaran Asian Cup 2012. Dan juga kesuksesan menjadi tuan rumah event olahraga tingkat dunia seperti tenis, motogp, superbike dan lainnya tetap bisa dipertahankan. Semoga juga kelak event balap mobil sekelas F1 bisa diselenggarakan di kota Doha.

No comments:

Post a Comment

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.