Thursday, June 28, 2007

Qatar, Left or Right

Membaca huruf arab dimulai dari kanan ke kiri, sudah banyak yang tahu, tapi bagaimana dengan etika berpapasan?

Lain ladang lain belalang, lain tempat lain kebiasaan pula, itu kata pepatah. Tinggal di qatar, banyak hal yang serba baru, termasuk penentuan arah. Maksud saya bukan arah mata angin, tapi arah kiri dan kanan saja.

Pertama, membaca huruf, kata atau kalimat arab. Dari kanan ke kiri, ini pasti sudah banyak yang tahu.

Kedua, menyetir. Di qatar menggunakan stir kiri, alias kita mengemudi dari sebelah kiri, karena lingkar kemudi ada di sebelah kiri. Lalu apa efeknya, efeknya sangat jauh berbeda, saat berjalan normal kita harus di sebelah kanan (sedangkan di Indonesia sebelah kiri), saat parkir tepikan kedaraan kita di sebelah kanan (kalau di Indonesia sebelah kiri), lalu jika mendahului kendaraan, ambil sisi sebelah kiri (di Indonesia ke sebelah kanan, Untuk hali ini, teman-teman yang tinggal di Eropa atau Amerika atau tempat lainnya yang menggunakan sistem ini, sudah cukup faham. Tapi bagai mana dengan pintu masuk dan etika berpapasan?

Ketiga, pintu masuk. Pintu masuk dan keluar juga akan terbalik. Pintu masuk ada di sebelah kanan dan pintu keluar ada di sebelah kiri. Lihat foto. Hal ini berbeda dengan di Indonesia, di mana pintu masuk akan ada di sebelah kiri dan pintu keluar di sebelah kanan.

Keempat Etika Berpapasan. Saat berpapasan dengan orang lain, saat berjalan, ambilah sebelah kanan, kalau kita ambil kiri seperti di Indonesia maka kemungkinannya adalah saling bertabrakan. Jadi begitu kita melihat ada orang lain di depan kita, dan kita rasa kita akan berpapasan dengan orang itu, segeralah ambil kanan, sekedar mengingat-ingat, karena kebiasaan kita di Indonesai berbeda.

Satu lagi. Tapi ini joke. Jangan memperbaiki mobil yang montirnya orang keturunan suku arab, kenapa? karena begitu mobil dibongkar dan akan dipasang lagi, semuanya akan di bolak balik, baut yang harusnya di kiri jadi ke kanan dan dan yang dari kanan akan berpindah ke kiri, kalau cocok sih gak apa-apa, kalo gak cocok, bisa kacau dong...

No comments:

Post a Comment

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.