Wednesday, June 27, 2007

Ketajaman Berbicara


"Apa yang terjadi pada ketajaman pendapat kita saat kita ucapkan pada usia 60 tahun, dan apa yang terjadi pada ketajaman pendapat kita saat kita tuliskan pada usia 60 tahun?"

Ketajaman pendapat terletak pada isi pendapat, susunan kalimat dan intonasi. Dengan perbandingan isi pendapat dan susunan kalimat tetap baik maka kemudian intonasi cukup memberi peran penting dalam memberikan sebuah ketegasan pada sebuah pendapat.

Jika kita mengucapkannya pada usia cukup muda, maka intonasi tidak terlalu membuat masalah, akan lantang dan tegas terdengar, tapi dengan usia yang lanjut, intonasi akan menjadi lemah, bergetar dan terdengar kurang tegas.

Bandingkan dengan kemampuan berbahasa tulis. Mengungkapkan pendapat saat usia muda atau lanjut akan "terdengar" sama. Saya menggunakan tanda kutip karena pendapat ini akan dibaca bukan didengar dalam arti sebenarnya. Pendapat itu akan tetap "terdengar" lantang karena tulisan atau ketikan itu tidak sedikitpun mengalami vibrasi suara karena usia. Dan tulisan bisa sangat mengekspresikan "suara" penulisnya, ada atau tidak ada yang "mendengar".

No comments:

Post a Comment

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.