Saturday, April 28, 2007

Fasilitas Umum




Fasilitas Umum dalam pengertian saya adalah sebuah tempat yang disediakan oleh lembaga pemerintah untuk kepentingan rakyat. Dalam hal ini bisa berarti taman bermain.
Sepertinya tidak banyak disediakan di kota tempat saya tinggal di Indonesia, Cirebon Jawa Barat. Terakhir saya lihat adalah dialun-alun kejaksan 2 tahun yang lalu, tersedia lapangan multi fungsi yang cukup luas bisa untuk sepak bola, lari pagi bahkan upacara militer, tapi sayang mainan anak yang disediakan seperti papan luncur/perosotan, ayunana dan mainan anak lainnya, tidak terawat, atau mungkin sudah saatnya diganti tapi tidak segera diganti. Dan memang inilah kenyataan yang harus diterima, sebuah fasilitas hanya terawat beberapa bulan saja, dengan alasan biaya maintenance tinggi, lihat saja fasilitas olahraganya. Yang banyak malah milik sekolah TK, tapi tentu saja tidak bisa dipakai umum. Atau mainan di mal-mal, dan rasanya inilah yang paling aman dan nyaman, meskipun harus mengeluarkan uang.
Tapi jika dibandingkan dengan yang tersedia di Doha Qatar rasanya taman bermain anak, mudah sekali ditemukan, dan tentu saja terawat, bersih dan yang paling penting berfungsi. Dan klasifikasi pun di terapkan, ada taman untuk keluarga, artinya hanya benar-benar yang telah berkeluarga, tidak untuk lajang atau lajang yang sedang pacaran dan ada yang untuk umum, semua usia, kalangan, pria dan wanita boleh berada disitu.
Bagaimana dengan kondisi kota anda, baik di Indonesia atau tempat tinggal anda diluar Indonesia?

No comments:

Post a Comment

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.