Thursday, November 10, 2011

Qatar vs Indonesia di PPD 2014 bagian 2

Kurang dari 24 jam menuju pertandingan saat tulisan ini dibuat. Pertandingan antara Qatar vs Indonesia di ajang penyisihan Pra Piala Dunia Brasil 2014. Rombongan tim nasional Indonesia (TimNas) sudah berada di Qatar sejak beberapa hari yang lalu. Kedua belah tim masing-masing merasakan ketegangan serupa walau dengan porsi yag berbeda. Media dari kedua negara pun sudah sangat intens mengamati persiapan pertandingan.


Pertama ini media release dari Qatar Football Association (QFA) menyambut jalannya pertandingan besok.

"HE Sheikh Hamad bin Khalifa bin Ahmad Al-Thani, President of the Qatar Football Association (QFA) stressed the magnitude of the match against Indonesia as a crucial step on the road to the 2014 World Cup.
The match will be held on Friday at Jassim bin Hamad Stadium.
His Excellency expressed his confidence ahead of Friday’s clash, especially after Al Sadd’s crowning with the Asian Champions League title last week, deeming it as the perfect incentive for the players to maintain the celebrations which swept the country following this momentous accomplishment.

Lalu ini media release dari detik.com:


"Kala pertama kali berjumpa Qatar di Stadion Utama Gelora Bung Karno beberapa pekan lalu, Indonesia takluk 2-3.

Rijsbergen menyebut, timnya kalah jika menyangkut fisik pemain. Namun, ia menargetkan Bambang Pamungkas dkk. untuk memetik tiga poin pertama.

"Tim indonesia datang dengan niat untuk menang walaupun tidak gampang karena secara fisik kami kalah," ujarnya dalam pesan yang disampaikan kepada para wartawan."

Terasa, kedua belah pihak merasakan antusiasme yang sama dengan kadar yang berbeda. Qatar terasa "gugup" melakoni pertandingan ini.  Mereka "gugup" sekali lagi dalam tanda petik, karena bayang-bayang nilai Bahrain yang sangat dekat. Sedikit saja kesalahan misal draw apalagi kalah, akan semakin mengancam posisi mereka di group yang saat ini berada di posisi ke dua.

Dalam banyak hal, tim Qatar unggul. Mereka pernah mengalahkan Indonesia di Jakarta, materi pemain jg secara fisik Qatar menang, dengan tinggi rata-rata di atas 180 cm dan memiliki kecepatan, dan stamina prima jelas menjadi keunggulan lainnya.

Selain itu, tim Qatar sedang disirami dengan optimisme akibat kemenangan klub Al Sadd di arena piala Cahmpion Asia. Hubungannya Klub Al Sadd dengan Team Nasional Qatar jelas sangat erat. Tujuh pemain Al Sadd berada di Tim Nasional Qatar, Saad Abdullah AlSheeb, Ibrahim Majid Abdul Latif, Mohammed Kosola, Ali Hassan Afifi, Wesam Rizik, Khalfan Ibrahim Khalfan, Youssif Ahmed,  tentu ini menjadikan sumbangan yang sangat berarti buat prestasi Tim National Qatar.

Keunggulan lainnya, adalah stadion. Setiap kali ada pertandingan penting, akan dilaksanankan di stadion Al Sadd. Lihat saja, saat Qatar mengalahkan Iraq di arena Asian Games, lalu saat Al Sadd mengalahkan team Korean di Liga Champion Asia baru-baru ini juga diadakan di stadion ini. Saya tahu persis, karakter stadion ini. Dengan bentuk oval, dan jarak penonton yang sangat dekat ke pinggir lapangan, ini akan menciptakan efek tekanan yang menakutkan bagi team lawan. Mudahnya adalah membayangkan penonton yang menyaksikan pertandingan Manchester United di Old Trafford. Dan mereka akan menempatkan pendukung tim lawan di belakang gawang, sekitar 50 meter dari gawang, sebuah usaha yang "sistematis" untuk meredam dukungan terhadap pemain lawan.

Saya tidak sedang membangun pesimisme terhadap TimNas dan rakyat Indonesia. Saya pun akan sangat senang jika TimNas bisa menang pada pertandingan ini. Bahkan kalau draw pun, itu cukup untuk membuat kami tersenyum saat keluar dari stadion besok. Setidaknya rasa optimisme dari sang pelatih membuat kita lebih bersemangat untuk melihat permainan TimNas setelah bergabungnya beberapa anggota baru hasil Naturalisasi dalam skuad TimNas.

Indonesia butuh menang di tiga pertandingan sisa untuk bisa lolos dari penyisihan group ini. Satu saja kalah atau draw artinya posisi ke dua setelah Iran akan dimiliki oleh Qatar atau Bahrain. Tapi sekali lagi, saat ini yang terpenting bagi saya adalah kemenangan atau Draw melawan Tim Qatar, karena itu yang akan sangat mempengaruhi reaksi kami saat kami keluar dari Stadion Al Sadd besok.

No comments:

Post a Comment

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.