Saturday, October 15, 2011

Malam Jumat di Qatar

Apa sih persamaan dan perbedaa malam jumat di Indonesia dan di Qatar?

Persamaanya, sama-sama hari kamis malam :)

Perbedaannya? Perbedaanya adalah kebiasaan menyikapinya.

Di Qatar malam jumat adalah akhir pekan pertama dari dua hari dalam seminggu. Gampangnya, kalau di Indonesia liburnya sabtu dan minggu. Maka malam jumat di sini nilainya sebanding dengan malam sabtu di Indonesia.

Hari kerja di Qatar adalah Minggu hingga Kamis, Jumat dan Sabtu adalah hari libur akhir pekan. Lalu bagaimana masyarakat sini menyikapi malam Jumat? Seperti akhir pekan di negara-negara lain, masyarakat di Qatar menggunakannya untuk jalan-jalan, mengunjungi keluarga atau bermain-main di taman, atau juga bermain di tempat hiburan.

Tidak, tidak ada kesan horor sama-sekali. Karena mereka menggunakannya untuk bersenang-senang dan begitu banyak orang yang keluar di malam Jumat, termasuk berbelanja, menonton film atau sekedar nongkrong dengan teman-teman. Dan mereka pun tidak mengenal apakah ini malam Jumat Kliwon atau malam jumat lainnya, pokoknya malam Jumat ya malam liburan.

Dan kalau dihubungkan dengan aktivitas suami-istri, saya kira menjadi masuk akal kalau malam jumat "dianjurkan" di sini. Karena setelah terjadi hal-hal yang diinginkan di malam jumat, pasangan ini kemudian bisa tiduran sampai siang. Walaupun terbangun untuk shalat subuh, tapi setelah shalat kan bisa tidur lagi hingga waktunya shalat Jumat dan makan siang.

No comments:

Post a Comment

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.