Sunday, October 17, 2010

Kangen Berkarya


Sepertinya susah untuk tidak memikirkan membangun sebuah bisnis. Sebenarnya beberapa tahun lalu saya sempat berhenti memikirkan hal ini. Konsentrasi pada pekerjaan dan lalu kembali dengan pola lama 30 : 30 : 30, artinya 30% untuk tabungan hari tua, 30% tabungan pendidikan anak dan 30% untuk investasi, tentu saja setelah dilakukan pengeluaran kebutuhan rutin bulanan.

Tapi akhir-akhir ini kembali muncul dipermukaan bahwa hanya menjadi seorang karyawan tanpa ada tambahan atau penghasilan pengganti di luar pekerjaan sangat berbahaya. Sama bahayanya jika punya bisnis, tapi hanya satu. Singkatnya satu hilang dan hilanglah semuanya, sementara kebutuhan pengeluaran tidak bisa dihilangkan.

Satu tahun terakhir ini beberapa sudah dicoba. Dengan alasan waktu yang fleksiel, saya mencoba afiliate marketing, tapi belum bisa menghasilkan penghasilan yang signifikan. Lalu beberapa minggu ini ada yang memperkenalkan bisnis e-bay, kalau ini belum sampai listing produk, tapi segala tahapan pendaftaran sudah selesai.

Dan....2 hari kemarin ada presentasi dari Pak Purdie E. Chandra atas produknya Primagama Quatum Kids. Wow...terus terang pesonanya sangat dahsyat. Dan pendapat ini bukan saya saja, teman-teman pun begitu. Dan beberapa tempat yang ditawarkan untuk kepemilikan Master Franchise laku hanya dalam jangka waktu penawaran 2 hari, yaitu Semarang, Purwokerto, Solo, Sulawesi bagian utara, Banjarmasin....dahsyat kekuatan nama Primagama ini.

Kembali ke pola 30:30:30, saya pemain yang sangat hati-hati. Bahkan untuk spending penghasilan sendiri pun (bukan utang) tidak berani menaikannya menjadi 50:50, atau 50% untuk saving dang 50% untuk investasi/bisnis.

Dalam fikiran saya, saya tidak mau terlalu gegabah spending sebelum tahu bahwa bisnis itu berjalan baik. Mudahnya sebelum penelusuran  menyeluruh terhadap perusahan yang akan diakuisisi atau dibeli lisensinya dilakukan. Saya lebih baik memebeli agak mahal tapi perusahaan itu sehat.

Bahkan kelak jika satu bisnis berjalan dan berkeinginan mengembangakan bisnis ke dua, pengennya pola 30:30:30 tetap saya terapkan, hanya 30% untuk investasi berikutnya.

Memang persoalannya utamanya adalah jawaban atas pernyataan "Kapan akan mulai?" Ya kapan saya bisa mulai. Dalam draft struktur perusahan, permodalan dan bidang usaha sudah mendapat gambaran. Dan saya pengennya pas buka nanti saya bisa nungguin paling tidak 2 bulan pertama, Kapan? Dimana? Nanti saya ceritakan lagi di sini. Sementara mohon doanya dari semua semoga target tercapai, Amiiin.

No comments:

Post a Comment

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.