Saturday, June 7, 2008

Aku & Mimpiku : "Keliling Jerman"

Stimulasi fikiran dan keinginan seringkali terasa aneh. Tanpa inspirasi dari manapun atau dari siapun kadang bisa saja muncul.

Beberapa belas tahun ini misalnya, aku terobsesi pada negara Jerman.

Aku menyukai benderanya, kombinasi warna hitam merah kuning jelas-jelas menggesar warna kesukaanku sebelumnya, biru. Yang lebih aku sukai dari Jerman adalah tim sepakbola bayern dan timnas jerman, entahlah ciri khas permainan yang indah yang diisi sebagian besar warga negara jerman itu, juga kaos tim yang gagah, membuatku tak rela jika permainan mereka terlewat begitu saja, apalagi kalah, gak sudi. Jika banyak orang condong ke italy atau ke england, aku tetap pada Jerman dan bayern.

Akhir-akhir ini keinginanku untuk belajar bahasa Jerman semakin menggebu-gebu. Aku merasa bahasa ini akan menolongku entah kapan di masa yang akan datang. Biasanya firasatku benar. Maka aku berkeliling Qatar untuk belajar bahasa ini atau sekedar belajar lewat internet. Sayangnya tanpa guru, belajar itu kuranglah efektif. Hanya beberapa kata saja yang bisa aku hafal. Membuat kalimat? Belum mampu.

Belum selesai dengan keinginanku yang terdahulu, letupan-letupan keinginan berkelana mengelilingi Jerman semakin terpercik. Aku berfikir, jika asumsi saya linear, yaitu jarak Qatar – Indonesia lebih jauh dibandingkan jarak Qatar – Germany, maka ongkos Qatar – Germany lebih murah. Dan akomodasi, saya berfikir di setiap negara ada hotel mahal dan ada hotel murah, maka hotel murah bisa menjadi pilihan, sekedar menambah jumlah hari tinggal dengan budget yang ada. Lalu makanan, saya mulai terbiasa makan sandwich, burger atau makanan lainnya sebagai pengganti nasi, fikirku tidak terlalu sulit menemukan makanan seperti itu di sana. Kegiatanku? jalan-jalan dari kota ke kota, dan nonton sepakbola dari stadion ke stadion, indah bukan?

Maka ketika suatu hari kelak, pesawat membawaku dan mendarat di bandara Frankfurt, lalu kaki telanjangku telah menginjak tanah Jerman dengan membentangkan tangan seperti orang yang hendak menerima pelukan aku akan teriak, “Jerman aku datang.....!”


No comments:

Post a Comment

You're welcome, drop your comments here...

Note: Only a member of this blog may post a comment.